Materi Pertemuan 6

Jumat, 06 Agustus 2021

Materi pertemuan 4 kelas 10 perangkat keras komputer

 Perangkat Keras Komputer (Output Device)

A.      Perangkat Keras dan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:

1 . input divice (unit masukan)

2. Process device (unit Pemrosesan)

3. Output device (unit keluaran)

4 Backing Storage ( unit penyimpanan)

5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer. Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.

Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner card, Modem, capture card.

 

1. Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.

Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

-Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit  masukan atau peraratan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :


a. Keyboard

 Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai

media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :


1.) QWERTY

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0Z2y1Sj7r49tRvt_iGW9AC12PguYCQDkJzrROkhyphenhyphenjonDnqSrtcIEqAXILRKo-MdLTjHM9u4vdAzXZV80M0NfGI2nZeBixDwMB34jVDmNd_a4gFfUnu4EXP4mRNqP8kB4x96sSEn42ft8/s320/keyboard+qwert.jpg


2.) DVORAK

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgg3rN3hnmbmO95ZNcCIVkuCvhkbm_pnWClV-L3-uAgZ4yB_NbWrPIhJAAaJ_oJm4b2fMOF8pkt_2RJt_Nylof53ZXSfXH-u_bnBVQmOo8tOY85_QAAbIwUZMTJXK0JlVsePs4MLyqZbWI/s320/keyboard+DVORAK.jpg

3.) KLOCKENBERG

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhckafFJDlU96Ct7cErC6Iq3OkozbspJpbPCKXHQQkHE9JyfNhzaEELOHzmfl18jqsI2wxdlJsDM3Kb7eC73-PuasKkQcrr6-dpZk0hrFAv3rrC5QVpWVGy67io6siNij9WizeJk80HN54/s320/keyboard+KLOCKENBERG.png

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY , yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1.typewriter

2. numeric key

3. function key

4. special function key.


1. Typewriter Key

Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :

  • Back Space. Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor

  • Caps Lock. Bila tombol ini ditekan,maka lampu indikator caps lock akan menyala,hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar/kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.

  • Delete. tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor

  • Esc. tombol ini berfungsi untuk membatarkan suatu perintah dari suatu menu.

  • End. tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja

  • Enter. tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.

  • Home. Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar

  • Insert. Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.

  •  Page Up. Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor I layar ke atas

  • Page Down. Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke bawah

  • Tab. Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.


2. Numeric Key

Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.


3. Function Key

Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.


4. Special Function Key

Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.


b. Mouse


Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan  keyboard.Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl7oXZCiCbKyyeOV3Qrpe6TG9LaoaOxfTlpNOASbEMLmUZVlB7FlHJ60W2n2y_dT3UVed_s2OIV8OF7NoPjvxAqjkOfcL9baDG0_GGKOtXttUMAhXjS1By11NWYQUIuwtzAbvFF8E7Q_w/s320/mouse.jpg

 

 

Gambar Mouse Wireless

 

c. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari Biasanya unit ini lipat aiginakan sebagai penlganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtGGuVHZlOh-caYTok9Cq3RYPwSf8cI8cFadBErXeRsNHTxl92EENedvk77NJNJ-VUWEsAt917M18-AYcSFLHSrPQkt7Gpfs7L_bFJ260eyPyIgsFsmbUKDijTjwxwR53wGd5hqDwbBhs/s320/touchpad.jpg

 

 

 

d. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiebSTu240Q6oR6vNdUV0iw_rpCZgddPoIk2ns27CgEAJQY_T4a2jElIpRwe9oiNG7FypmiD7l6vSwzbs9MzpmUcvmDw8kAVtw5LngfdP9REVW3kpGRVOtxxj8N6_fwAqXMIRB9HLS-tQM/s320/LightPen.jpg

 

Gambar Light pen

 

e. Joy Stick dan Games paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJGlam2wiNhheP9b7qsHq9VEKRfL_FHZEEefF1wFonuXVN-2jXI_jCPblurCCkDIPFpcICfSAeLhzTZh0wIY1M1y2TMh4DV22Nx_c2CmjzfUmZAkIXgUEKc52EWRztaploFbAfRwfHrvI/s320/joystik.gif

 

f. Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDXmQZV1ZFcSMiZz2CUomYO0FcNEj0XR6kBxzJVNb8yb1ElpE_GMgDN1LL16FZfVx8XTMaNhBy76JVNoqpdJSLKc3ryJDtasvAbtHqdXQGb2aQoRG0ED0W2TRmXzqq4EhMbtEeoSzK-Gw/s320/barcode.jpg

 

g. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto copy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari iampu sensor yang disetut Optik, vang dapat mengenali jenis pensil 28. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjMSO7vsh6V3_qtkv3fj79ByFLeQ5byuUBlJmaJRkXG4bzn4S1j0MXxFdK62L9_gjLMuZVTiUy7Th34bRuby4a0MPI-zneJWWIydcI72NCwgTR1y-O2rOCqTD9Vq6fQEBDg2CEHq8tOmPk/s320/scaner.png

 

Gambar Scanner.

 

h. Kamera Digital

 Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXySJ3sSCPocyGWyoNg1oU-Qjs1zDYYzfrdQarL6SuOPvY_se8cfsX2qnFclWtf2wyKKgkqxIVie-_DmJCXYGAUzWpbPzQSDclr3aWdjDi3sHCspxPCu5tfErUhTP2pAOL7i0Sqo36U4A/s320/Digital-USB-PC-Camera-C012-.jpg

 

Gambar Kamera Digital

 

i. Mikropon dan Headphone

 

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlnx5d1SttfLWCaOY-l-4Ecg6KOiFNVlqjxHD4ajrs7vVkUxfQS6EU5GSNu6dRzGMxma52sXlB9UeMB_mTRw6llFfroa6RSTcXv1KU0VcuvelNLGoN5ypBxN-mkgKBCk3zCKgxkWh05rg/s320/headphone.jpg

 

Gambar headphone

 

j. Graphics Pads

 

Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Grafis